Cinta; Iman vs Nafsu


Bismillahirrahmanirrahim,..

Siang ini sengaja aku meluangkan waktu untuk sedikit membahas dan menggali ilmu mengenai cinta karena iman atau nafsu belaka. Sebelum jauh membahas masalah ini ada baiknya kita mengenal makna nafsu menurut islam,.

Nafsu itu adalah keinginan manusia yang tersirat dalam akal pikirannya. Nafsu ada yang baik, yaitu nafsu yang tidak bertentangan dengan hati nurani serta perintah-perintah dan larangan-larangan yang Allah tetapkan. Namun ada pula nafsu yang buruk, yaitu nafsu yang hanya untuk memenuhi keinginan pikirannya saja, tanpa melibatkan hati nurani dan ketetapan Allah.

Berikut ini adalah jenis-jenis nafsu menurut Islam.

Nafsu yang buruk :

Nasfu Amarah

* adalah nafsu yang berbangga apabila membuat sesuatu kemungkaran.
* mereka adalah dari golongan yang bermaksiat di mata dan di hatinya.
* mereka adalah golongan ahli neraka.

Nafsu Lawamah

* adalah nafsu yang menyadari apabila melakukan suatu kemungkaran.
* golongan ini beramal tetapi masih ada riya, hasut, dengki dan sebagainya.
* nafsu mereka tetap dilakukan walau mereka tahu itu salah.
* mereka adalah golongan ahli neraka.

Nafsu Marhamah

* adalah nafsu yang telah dapat membuang sifat tercela.
* walaupun begitu, mereka masih mengkritik diri sendiri.
* mereka adalah golongan ahli neraka.

Kemudian nafsu-nafsu yang baik adalah :

Nafsu Mutmainah

* adalah nafsu yang lemah lembut.
* mereka mendapat ketenangan dan menghilangkan gelisah di jiwa.
* mereka adalah orang yang sholeh.
* golongan ini adalah dijamin surga.

Nafsu Raudiah

* adalah nafsu yang berusaha untuk melatih diri untuk mencintai Allah sepenuhnya..
* mereka bergaul dengan orang banyak tetapi hatinya semata-mata hanya kepada Allah.
* mereka bisa juga disebut sebagai Wali Allah.

Nafsu Kamaliah

* adalah nafsu yang sempurna, nafsu yang hanya dimiliki oleh para Nabi dan Rasul.

Nafsu Mardiah

* adalah nafsu yang terbaik dan yang paling dicintai Allah. Nafsu ini adalah nafsu yang paling di ridhai Allah. adalah nafsu yang terbaik dan yang paling dicintai Allah. Nafsu ini adalah nafsu yang paling di ridhai Allah. Keridhaan tersebut terlihat pada anugrah yang diberikan-Nya berupa senantiasa berdzikir, ikhlas, mempunyai karomah, dan memperoleh kemuliaan, sementara kemuliaan yang diberikan Allah SWT itu bersifat universal, artinya jika Allah memuliakannya, siapa pun tidak akan bisa menghinakannya, demikian pula sebaliknya orang yang dihinakan oleh Allah SWT, siapa pun tidak bisa memuliakannya.

************

Dari uraian diatas kita dapat menarik kesimpulan kalau cinta dan nafsu yang baik adalah sejalan, cinta makhluk kepada khaliknya, cinta makhluk kepada makhluk karena ALLAH.

Cinta yang ALLAH ridhai, cinta yang akan membawa keselamatan dunia dan akhirat. Cinta yang akan membawa dua insan yang saling mencinta mendapatkan kedudukan terbaik disisi ALLAH.

Sekedar berbagi pengalaman, tak dapat dipungkiri kalau sepanjang usiaku ini telah beberapa kali akal dan pikiranku telah menggiring hatiku untuk mencintai makhluk ALLAH yang bernama pria. Entah itu dinamakan cinta monyet, cinta masa remaja, cinta yang berawal dari persahabatan, cinta yang berawal dari permusuhan, dan entah berbagai variasi cinta lainnya.

Setiap orang berbeda dalam arti memaknai CINTA,.

Begitupun diriku, sepanjang aku dapat mengingat dan mengenal makna menyukai lawan jenis, dimana pada saat akal pikiranku membawaku memikirkan si Dia dan hatiku cendrung mengingatnya, bahkan jantungku yang tak mau kalah ikut meramaikan dengan menabuh gendang saat aku melihat, berbicara dan berinteraksi dengan si Dia.

Aku bukanlah orang munafik yang dapat menyatakan kalau hatiku terjaga dan tidak pernah mencinta hamba ALLAH yang bukan mukhrimku, bahkan pernah satu kali seorang sahabatku berdebat tentang aku yang menurut persepsinya tidak setia, karena mencintai dua makhluk ALLAH dalam satu waktu yang bersamaan,.

Entahlah, setiap orang bebas untuk berpendapat, termasuk sahabatku tersebut,.

Apa makna cinta sebenarnya?

Banyak yang mendefinisikan cinta menurut asumsi dan anggapan mereka, dan kalau boleh sedikit meramaikan kancah pemaknaan atas kata CINTA, tidak ada salahnya aku juga sedikit mengurai makna satu kata C.I.N.T.A

Cinta adalah saat aku merasa bahagia saat yang terkasih juga bahagia, merasakan duka yang sama dengan yang dia rasa saat dia berduka.

Cinta adalah saat aku dapat merasakan keprihatinan mendalam jika makhluk yang kucinta jauh dari yang namanya mengenal Sang Penciptanya.

Cinta adalah saat aku memasukkan si Dia dalam untaian do’a yang ku urai pada Penciptaku, sekiranya ALLAH dapat membukakan hati dan memberi hidayah kepada hamba-Nya yang kucinta, dan menjadikannya termasuk golongan hamba yang ALLAH beri nikmat dan keridhaan atasnya.

Entah cintaku ini dapat dikategorikan dosa atau apa, tapi yang jelas sepanjang usiaku ini aku belum pernah sekalipun menjalin tali kasih dengan yang namanya kaum adam. Bukan karena aku tak CINTA, juga bukan karena tak RELA, tapi imanku yang menghalangiku untuk melangkah ketahap yang lebih jauh. Menjadi pengagum rahasia adalah keahlianku, dan aneh memang, aku belum pernah merasa cemburu jika si Dia merajut tali kasih dengan wanita lain, entah karena sebenarnya apa yang kurasa bukanlah CINTA SEJATI atau memang karena aku sadar betul, kalau aku bukanlah orangnya yang akan menghabiskan waktuku yang singkat di dunia ini untuk melanggar larangan ALLAH dan berbuat sesuatu yang ALLAH benci, yaitu mendekati zina.

Takkan ada gunanya jika aku mendapat cinta dari makhluk yang sifatnya sementara jika aku harus kehilangan cinta Sang Penciptaku, ALLAH s.w.t. Terlalu besar pengorbanan yang harus ku ambil dan aku bukanlah hamba yang BODOH itu yang akan meninggalkan kesenangan akhirat yang lebih utama dibanding kesenanagan dunia yang sifatnya sementara itu.

**********

Lalu bagaimana saat sekarang dikala umurku sudah cukup mapan untuk berumah tangga? akankah tetap aku bertahan dengan prinsipku tadi? sudah barang tentu, aku hanya akan membuka hati dan memberi kesempatan kepada siapapun yang memang serius akan membina mahligai rumah tangga dalam waktu dekat dan tidak main-main dan coba-coba dalam menetapkan pilihan hatinya.

Ikhtiar adalah wajib bagi setiap mukmin, namun ikhtiar yang memang ALLAH ridhai. Satu hal yang selalu aku percaya sampai saat ini, jodoh adalah seperti kita, jika kita adalah orang yang tergolong baik disisi ALLAH, maka sudah barang tentu kita juga akan mendapatkan jodoh seorang hamba yang ALLAH kenal betul kadar kebaikan dan keimanannya, jadi dalam hal mencari CINTA SEJATI
, yang harus dilakukan adalah mendekatkan diri kepada Sang Pemilik CINTA itu sendiri,..

Wallahu’alam,…

^_^

About bolin_maricoa

My nick name is BoLiN.......this name was given by my Father.......and it's has a meaning on it.........a prayer actually.........B=baik; O=orangnya; L=luhur; I=ilmu; N=nya........ amin ya ALLAH ^_^ Hmmmmmmm........... About my personality.........??? Let's find out by your self..... ^_^
This entry was posted in Life Vs Love. Bookmark the permalink.

2 Responses to Cinta; Iman vs Nafsu

  1. gelar says:

    waw…………….lanjutkan………….nice note……………

    btw……..makasih yah dah masukin nama glar ditulisannya…………im honour…..seriously….hahahahaha…yg kemaren2 tu anggap aj sbg pelajaran aj…….. n mgkn glar b’bcr tanpa diminta b’bicara.so im so really sorry…….

    btw………coba minjem buku NPSP……..nikmatnya pacaran stlh pernikahan……..

    waw………..bagus…………lo……..

    ada kata2nya yg menyadarkan kita………maksudnya.guwe gtu lo……..

    kya :
    # tau g………….yg pertama kli CEMBURU saat qt jth cinta…adlh ALLAH………
    # crt para sahabat……….yg saking mereka slg jatuh cinta……….bahkan……..SETAN pun tak tau……….incredible

    • hmmmm,…

      here you come,…..sahabatku yg bilang aku tak SETIA,..

      smw adlh masa lalu,….

      telah bnyk yg aku lalui setelah bbrp kisah cinta yg kualami tsb,…life is go on,….!!!

      ^_^

      it is okey,…everyone has the right to make an opinion of everything,..

      and I am not asking for understanding also,..

      this writing is just a piece of my past experience and my poin of view about LOVE,..

      you can have different opinion for sure,..

      about the books, thanks for the suggestion,..

      ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s