Pintar, Penghargaan, Persahabatan,…


Bismillahhirrahmanirrahim,…

Terinspirasi oleh beberapa kisah dan percakapanku dengan beberapa orang sahabat, adalah alasan mengapa malam ini aku mencoba mengulas dan barangkali mengajak diriku dan jika aku beruntung, bersama dengan anda2 sebagai para sahabatku untuk sekedar berbagi pemahaman tentang makna pintar, penghargaan dan persahabatan.

Aku menemukan keterkaitan yang sangat mendasar dari ketiga kata tersebut. Sebagian besar orang mungkin merasa dirinya pintar, lebih dari orang lain, atau bahkan memang berbakat untuk pintar-pintar.

Pintar-pintar menurut ku disini adalah pandai memanfaatkan seseorang ataupun situasi (you know lah…!!!). Tapi, apakah makna pintar sebenarnya…??? Aku sangat yakin kalau setiap orang punya versi sendiri tentang “PINTAR” ini,..begitu juga denganku,…

Pintar,….

Menurutku, seseorang yang pintar adalah mereka yang sangat perhitungan…

Nah lho…???!!! kok bisa???!!!

Ya bisa donk…!!!

^_^

Perhitungan yang kumaksud disini adalah mereka yang pintar adalah mereka yang paling bisa memanfaatkan waktu mereka yang singkat di dunia ini untuk banyak beramal dan beribadah kepada ALLAH.

Siapa yang paling pintar…???

Adalah mereka yang paling banyak mengingat MATI,…!!!

Jadi,…. apapun yang mereka lakukan adalah sangat terukur dan terhitung untuk hal-hal yang memang ALLAH ridhai saja. Konsekuensi dari hal ini adalah mereka bukanlah pribadi yang sibuk membanggakan diri dan haus akan penghargaan manusia, karena apalah artinya penghargaan dari dua ratus juta umat manusia (yang belum tentu semuanya juga akan dapat anda temui di syurga) jika dibandingkan dengan penghargaan dan pengakuan dari ALLAH S.W.T….??!!

Jadi, seseorang yang “PINTAR” tidak akan sibuk memamerkan apa yang dia mampu, bisa atau punya. Mereka akan dengan sekuat tenaga memaksimalkan waktu yang mereka miliki di dunia ini untuk banyak beribadah dengan jalan membuat orang lain menjadi lebih pintar darinya. Takkan ada istilah “saingan” (mereka yang level kepintarannya sama), atau bahkan “enggak level” (mereka yang dianggapnya bodoh….!!!).

Bagi seorang pintar sejati,…

Seluruh waktunya akan dihabiskan untuk berbagi dan bersabar dengan hamba ALLAH lainnya yang akan menjadi ladang amal baginya untuk “dipintarkan” dan dibuat lebih baik,… Seorang pintar hanya akan mengharapkan ridha dari ALLAH S.W.T bukan pengakuan apalagi penghargaan manusia yang sifatnya sementara.

Sejatinya ilmu berasal dari ALLAH S.W.T,,…. dan jika ALLAH berkehendak,…siapapun dapat dengan mudah dihilangkan kepintarannya dan dia akan bersisa tidak lebih dari sekedar papan nama.

Kita tidak tahu pasti berapa lama jatah waktu kita di dunia ini,…

Daripada sibuk mengharapkan penghargaan dari orang lain dan tanpa sadar kita malah merendahkan dan membuat orang lain teraniaya,….akan lebih bijak jika kiranya waktu yang singkat ini kita isi dengan kesabaran dan ketabahan yang InsyaALLAH akan berbuah manis di syurga kelak,…

Pintar, Penghargaan, Persahabatan,…

Pernahkan anda bertemu dengan dua orang sahabat yang di waktu berbeda saling menjelek-jelekkan sahabatnya dan menganggap dirinya lebih baik dari sahabatnya…??!!

Saya pernah,…

Mari kita coba lihat dan petakan permasalahannya,…

Semua berawal dari yang namanya kepentingan,…

Saat anda bersikap baik kepada seseorang apa yang secara tidak sadar ada di benak anda….???

Kalau boleh jujur,…

Sebagian dari kita mungkin terbelenggu oleh yang namanya kepentingan duniawi,..

Dia khan pintar,….jadi mungkin saja suatu hari saat aku perlu bantuannya (untuk bikin tugas, pinjem catatan, *nyontek) dia bisa bantu,…??!!

Dia khan kaya,….jadi mungkin saja suatu hari saat aku butuh uang, lagi pengen di traktir, lagi pengen di kasih kado, lagi pengen nebeng motor atau mobilnya,…dia dengan senang hati menawarkan bantuannya,…(khan aku selama ini sudah baik sama dia,.. so, pastinya dia bakalan segan kalau nolak….!!!)

Naudzubillahhimindzalik……!!!

Ada baiknya kita berhenti untuk berfikir demikian,….

Karena banyak sekali kerugian dari hal ini,…

Beberapa diantaranya :
tidak akan ada yang namanya ketulusan dan persahabatan sejati. Karena anda akan disibukkan oleh sikap, aktivitas, ucapan yang “basi….!!!” dan pura-pura belaka. dan hasilnya untuk saldo amalan akhirat anda adalah nihil atau bahkan minus,…karena mungkin saja dibelakang mereka yang anda anggap sahabat tadi,… anda sibuk untuk menceritakan aib dan kekurangannya,….dan anda telah berbuat dosa “GHIBBAH…!!!”

Persahabatan sejati adalah saat anda memang benar-benar merasakan dan menganngap aib saudara anda seperti aib anda sendiri, yang pastinya tidak ingin anda beberkan kesemua orang….??!!!

Rahasia anda akan aman ditangannya,….sebagaimana rahasianya juga akan aman ditangan anda,….!!!

Namun jika ada mereka yang mengaku “Sahabat anda”,…tapi dia sibuk menjelek-jelekkan anda baik di depan atau dibelakang anda,…sibuk mencari kelemahan anda,….. believe me,….!!!

He/She is no body to you…!!!

Dia tak lebih dari seseorang yang “BODOH….!!!”,.…terlalaikan oleh ego dan penghargaan duniawi,….yang sebenarnya secara tidak sadar dia telah terlalaikan dan telah membodohi diri sendiri,…serta dia lupa untuk menambah saldo amalan akhiratnya untuk kehidupan yang abadi kelak,…

So,…

What should I do??!!!

Disekelilingku banyak juga mereka yang mengaku teman tapi ternyata bukan…???!!!

Sebenarnya apa yang dapat anda lakukan sangat bervariasi,…mulai dari sama sekali putus kontak dengan mereka,…atau sekedar tidak peduli apapun tentang mereka,…!!!

Namun jika mau yang lebih baik,…..yang dapat anda lakukan adalah bersabar dan berdo’a kepada ALLAH,….hendaknya ALLAH sudi memaafkan dosanya dan membukakan pintu hati dan memberi hidayah kepada teman kita untuk dapat hargai dan isi kehidupannya yang singkat ini untuk ikhlas beramal untuk mengharap ridha ALLAH s.W.T semata,..

Keuntungan dari apa yang anda lakukan adalah amal ikhlas dan amalan mendo’akan saudara seiman anda akan di balas oleh ALLAH s.W.T,…,…

gimana…???

Anda tertarik….???

^_^

About bolin_maricoa

My nick name is BoLiN.......this name was given by my Father.......and it's has a meaning on it.........a prayer actually.........B=baik; O=orangnya; L=luhur; I=ilmu; N=nya........ amin ya ALLAH ^_^ Hmmmmmmm........... About my personality.........??? Let's find out by your self..... ^_^
This entry was posted in sHoRT tOpiC of the daY. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s