Ask Your Pharmacist For Any Drugs You Are Taking ^_^


Bismillahhirrahmanirrahim,...

Ini adalah tulisan pertama Saya sebagai seorang farmasis atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Apoteker. Bagi anda yang tidak mengetahui apa itu apoteker, saya akan coba beri gambaran singkat tentang apa itu farmasi dan beserta tugas yang menyertainya. Farmasi adalah ilmu terkait obat dan pengobatan.

Seorang farmasis dibekali ilmu tentang bagaimana obat dapat ditemukan, mulai dari identifikasi zat aktif obat sampai obat tersebut siap dikonsumsi oleh pasien, hal ini tentu tidak terlepas dari dosis dan cara pakai obat tersebut. Kami juga dibekali ilmu tentang bagaimana obat dapat menyembuhkan penyakit, jadi kami juga mempelajari berbagai jenis penyakit dan kaitannya dengan pengobatan.

Hal terpenting yang membuat peran kami sebenarnya sangat bermakna adalah, kemampuan kami dalam hal mengidentifikasi masalah terkait penggunaan obat.

Obat secara prinsip adalah sesuatu yang sangat bermanfat, namun jika anda salah dalam pola mengkonsumsinya obat bisa jadi akan menjadi hal yang merugikan bagi anda, bahkan dapat membuat koleksi penyakit anda bertambah.

Tanpa bermaksud mendramatisir atau menaku-nakuti, tapi begitulah adanya kenyataan sebuah pengobatan. Saya ambil contoh sederhana, pernahkah anda mendengar seseorang menderita penyakit rematik kemudian beberapa bulan kemudian pasien tersebut juga didiagnosa mengidap penyakit mag kronis bahkan setelah itu pasien mengalami gagal ginjal???

Hmmmm,….

Serem amat ya???!!!

Yups….!!! that’s what is going on jika anda mengalami dampak negatif dari suatu pengobatan. Pernahkah anda mendengar istilah efek samping??? Saya yakin pernah, namun anda hanya kurang paham dan tidak begitu memperhatikan keterangan di brosur obat, kalaupun ada,???!!! karena sebagian sarana kesehatan masih menyerahkan obat tanpa ada keterangan jelas tentang obat apa yang terdapat di balik sebuah plastik yang terdapat coretan spidol 3×1 atau 2×1 itu.

Kembali pada persoalan diatas, contoh yang saya utarakan tentang rematik tadi adalah sebagian kecil dari masalah terkait obat. Secara sederhana saya akan coba jelaskan, pengobatan penyakit rematik ini terkait dengan obat yang dikenal dengan NSAID (Non Steroid Anti Inflamation’s Drug) dan SAID (Steroid Anti Inflamation’s Drug), dimana memang efek samping dari penggunaan obat ini sangat bermakna, yaitu terhadap saluran pencernaan (pendarahan), gangguan ginjal, keropos tulang dll.

Tidaaaak…….!!! baagimana ini….??? jadi takut minum obat,.. T_T

Enggak boleh gitu juga donk,..!!!

Kalau tidak minum obat bagaimana bisa sembuh???

Nah…..!!!!

Kami hadir untuk memberi anda solusi. Permasalahan tadi dapat terhindar jika anda memperoleh penanganan yang tepat sebelum terjadi efek samping tersebut. Solusinya dapat sederhana, yaitu konsumsi obat jangan dalam keadaan perut kosong, artinya setelah makan. Atau Konsumsi obat lain sebagai usaha mengurangi dampak dari efek samping tersebut.

Pastikan juga tidak mengkonsumsi obat secara berlebihan, karena ada paradigma semakin banyak obat yg anda konsumsi, semakin cepat efek penyembuhan yang anda peroleh,.??? Faktanya, justru akan semakin tinggi resiko anda terkena efek samping. Konsumsi air putih yang cukup juga dapat membantu permasalahan ini.

Untuk Info lebih lanjut anda dapat menanyakan kepada Apoteker yang kompeten yang dapat memberi solusi atas permasalahan anda ^_^

About bolin_maricoa

My nick name is BoLiN.......this name was given by my Father.......and it's has a meaning on it.........a prayer actually.........B=baik; O=orangnya; L=luhur; I=ilmu; N=nya........ amin ya ALLAH ^_^ Hmmmmmmm........... About my personality.........??? Let's find out by your self..... ^_^
This entry was posted in Ask Your Pharmacist. Bookmark the permalink.

One Response to Ask Your Pharmacist For Any Drugs You Are Taking ^_^

  1. Pingback: Ask Your Pharmacist For Any Drugs You Are Taking ^_^ (via BoLiN_maRicoA’s bLoG ^_^) | BoLiN_maRicoA's bLoG ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s