Dalamnya Sumur Bisa Diukur,…..Dalamnya Hati Hanya ALLAH yang Tahu


Part One,…

************

I cannot have another pain cause by you…..!!!!

Terisak-isak seorang gadis cantik, berbudi luhur, penyayang, pemberani yang pernah aku kenal seumur hidupku,…..

Ada apa gerangan….??? Baru- baru ini memang sepertinya masalah tak henti-hentinya menimpanya namun sejauh yang aku kenal, dia adalah seorang gadis pemberani dengan mental baja yang tidak akan dengan mudah terkalahkan oleh romantisme picisan manapun. Tapi apa pendengaranku salah….??? Ah,….. tidak mungkin,….!!! dia memang gadis yang kukenal, tapi apa gerangan yang dapat membuat dirinya kehilangan antusiasme dan keceriaan yang biasa menjadi ciri khasnya,….???

Perlahan-lahan tetapi pasti aku melontarkan pertanyaan2 yang dapat buatku memahami dan paling tidak berusaha mengerti apa yang dirasanya. Di sela-sela pembicaraan kadang aku disuguhi oleh tarikan nafas dalam dan suara2 isak tangisnya.

Gadis : Aku benar-benar tidak tahu harus berbuat apa??? tutur si gadis
Aku : Kenapa…???
Gadis : Cinta kami terhalang oleh restu orangtuanya,…
Aku : Bukankah pernah aku tandaskan kepadamu, mestinya engkau bertanya padanya apakah kedua orang tuanya akan merestui kalian…..??? dan seingatku dia menjawab,….”Ya…..!!!”,. Lalu kenapa mendadak bisa berubah…..????
Gadis : Entahlah,.. Aku tak bisa berfikir jernih lagi, yang aku tahu malam ini adalah malam terakhir Aku menjadi kekasihnya. Aku juga bukan seseorang yang egois yang dapat membuatnya menentang kedua orang tuanya. Jadi aku putuskan untuk mengakhiri hubungan kami yang semestinya berakhir di pelaminan akhir tahun ini.

****
Kembali dia menangis,….

****
Aku : Hmmmmm,…. Aku tak tahu harus berkata apa, entah apa yang dapat kulakukan gadis,. Aku belum pernah mengalami putus cinta dan aku tak mengerti komitmen macam apa yang kalian berdua putuskan untuk dijalani, tapi mungkin aku hanya dapat memberikanmu dukungan gadis,. Aku yakin ALLAH Maha Tahu yang terbaik untuk kehidupan dunia dan akhiratmu, karena aku tahu kamu adalah seorang gadis yang berhati baik dan InsyaALLAH seperti janji ALLAH orang baik jodohnya juga baik,.. dan ” Bisa jadi kamu membenci sesuatu padahal disisi ALLAH hal tersebut adalah yang terbaik dan bisa jadi kamu mencintai sesuatu padahal sejatinya hal itu amat buruk bagimu,…”

Gadis : Entahlah,… tapi sakit lin,… sakit sekali rasanya berakhir seperti ini,….

*****

Pembicaraan malam itu ku tutup dengan sebelumnya memberi nasehat pada gadis itu,..nasehat yang entah dapat membuatnya merasa lebih baik atau tidak, tapi paling tidak perbincangan kami dapat mengurangi beban yang menyesakkan dadanya,.

Dalamnya Sumur Bisa Diukur,…..Dalamnya Hati Hanya ALLAH yang Tahu ^_^

Mendadak aku teringat pepatah ini, yang entah mengapa membuatku kembali pada masa itu,. saat gadis baru pertama berkenalan dengannya dan menceritakan segala kebaikannya padaku. Berbulan-bulan gadis tidak memberi kepastian akan status kedekatan mereka,. namun tetap si pria dengan gencar memberi perhatian dan mencurahkan kasih sayangnya pada gadis. Sebenarnya antara gadis dan pria ini terdapat berbagai hambatan, beberapa di antaranya adalah jarak yang memisahkan mereka dan Kebudayaan yang jauh berbeda.

Aku : Apakah sudah kau pastikan dia benar-benar sungguh-sungguh mencintaimu dengan tulus..??? bertemu dengan puncak hidungnya pun kau belum pernah.

Gadis : Dia akan datang akhir bulan ini ke kota kita dan bertemu dengan orang tuaku untuk menunjukkan keseriusannya.

Aku : Hmmmmm,…

*****
Selang tidak begitu lama si pria memang berkunjung ke kota kami, dia rela berkendaraan sehari semalam untuk sekedar berjumpa dengan gadis dan menunjukkan keseriusannya,.

*****

Gadis : Kami sudah jadian lin,.
Aku : sudah kau pastikan bahwa orang tuanya setuju memiliki menantu yang berasal dari negri yang jauh….???
Gadis : Aman,. everything is okey,.. orang tuanya akan setuju apapun pilihan anaknya,…

*****
Entahlah,…

Bukan karena aku termasuk mereka yang tidak setuju menjalin hubungan di luar konteks pernikahan, tapi kenapa hatiku merasa pria ini bukan orang yang baik,…???!!!

Berkali-kali aku sekedar bertanya pada gadis tentang kabar si pria dan gadis seperti biasa dengan antusias gadis bercerita kisah cintanya dengan pria itu,..

Seseorang yang sangat sempurna, tampan, beriman, berilmu, santun, belas kasih, itulah image yang dapat ku tangkap dari setiap cerita gadis tentang si pria,..

Bukannya aku tak percaya di dunia ini masih ada seseorang yang sempurna,. namun entah mengapa aku merasa si pria sengaja membangun image kesempurnaan itu. Karena bukan perkara sulit untuk menggiring seseorang untuk berpendapat baik mengenai diri kita,. apalagi jarak terbentang memisahkan mereka,. tahu apa gadis tentang si pria kecuali dari dirinya sendiri…???!!! Tidak mungkinlah dia akan berbagi cerita yang akan merugikan dirinya,…

Aku hanya tidak menyukai seseorang yang terlalu sempurna,. Aku suka apa adanya,. jahat bilang jahat, perkara baik, semua orang bisa menilainya, kekurangan seseorang malah alasanku untuk membuatnya menjadi lengkap. Kesempurnaan hanya akan membuatku takut apakah pantas aku berdampingan dengannya dan apakah semua kebaikan dan kesempurnaan itu hanya topeng saja, atau memang tulus…..???? karena semua orang pasti akan rela berkorban demi sesuatu yang dia inginkan,….paling tidak menahan ego sebelum benar-benar dia berhasil memenangkan piala itu dan akhirnya dapat berbuat sekehendak hatinya,…

Wallahualam,…

*******
Berikutnya aku mendapat cerita bahwa pria itu adalah seseorang yang memiliki “gangguan kepribadian” menurutku,…

berdasarkan apa yang diceritakan gadis setelah mereka remi putus,….

*****

=to be continiue=

About bolin_maricoa

My nick name is BoLiN.......this name was given by my Father.......and it's has a meaning on it.........a prayer actually.........B=baik; O=orangnya; L=luhur; I=ilmu; N=nya........ amin ya ALLAH ^_^ Hmmmmmmm........... About my personality.........??? Let's find out by your self..... ^_^
This entry was posted in Life Vs Love. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

