Pengganti Diri-Nya……..??!!!


Terdapat pengganti dari setiap sesuatu yang anda sia-siakan, namun tiada pengganti dari ALLAH jika Anda menyia-nyiakan (hak-Nya)

*****
“Dan apa saja yang diberikan kepada Anda, maka itu adalah kenikmatan hidup duniawi dan perhiasannya, sedang apa yang di sisi ALLAH adalah lebih baik dan lebih kekal. Maka apakah Anda tidak memahaminya? Maka apakah orang yang kami janjikan kepadanya suatu janji yang baik (surga) lalu ia memperolehnya, sama dengan orang yang Kami berikan kepadanya kenikmatan hidup duniawi, kemudian dia pada hari kiamat termasuk orang-orang yang diseret (ke dalam neraka)?” (QS. al-Qashash : 60-61)

*****

“Katakanlah : Dengan karunia ALLAH dan rahmat-Nya , hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari pada apa yang mereka kumpulkan.” (QS. Yunus : 58)

*****************

Sedikit ingin bersama belajar, malam ini aku mencoba mengingat dan mengurai fakta yang secara dominan terjadi disekeliling dan kemungkinan juga tanpa disadari aku sendiri melakukannya.

Kemilau dan kesenangan yang ditawarkan dunia memang sangat sanggup mengalihkan perhatian kita dan membuat kita terbius dan terlena baik secara sadar ataupun di bawah alam sadar kita.

Sepanjang yang dapat aku ingat, diriku pribadi termasuk manusia yang terlalaikan dalam urusan duniawi ini. Sebagian besar waktuku yang terbuang adalah untuk memenuhi kesenangan hidup dunia. Sebenarnya perkara kecil dan menurut hukum islam adalah mubah dapat menjerumuskan kita pada keadaan yang dinamakan cinta dunia dan lalai akan kehidupan akhirat.

Diriku pribadi, sepanjang usia ku ini yang telah mencapai seperempat abad, sebagian waktuku ku habiskan untuk hal-hal yang tidak ada faedah untuk akhirat ku rasa, sadar ataupun tidak. Dimulai dari kegemaranku menonton acara televisi yang sejak aku berusia dini, aku bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya menikmati siaran televisi yang entah apa faedahnya, mulai dari film-film western yang kontennya tentu jauh dari nilai2 islami, film korea yang sebagian temanya tentang kisah cinta dua insan yang tidak mukhrim, opera sabun latin, sinetron indonesia, acara infotainment ttg gossip (ghibbah) para selebritis dalam negri, dan entah apa lagi kontennya. Baru dua tahun belakangan ini aku kehilangan hasrat menonton siaran tv dan segala sesuatu berbau gossip.

Mengenai hal-hal lain tak perlu ku urai pada kesempatan ini, aku lebih akan membahas tentang beberapa kutipan yang sempat ku baca di buku yang berjudul jangan keruhkan hati.Terus terang buku ini telah membuatku merasa jatuh pada keadaan penyesalan dan tentu saja sangat bersyukur kepada ALLAH yang telah memberi aku nikmat terbesarnya yaitu hidayah-Nya,…..

**************

Wahai hamba ALLAH….!!!

Adakah anda telah menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya setelah hatimu terbuka untuk mengikuti agama-Nya?!

Yaitu dengan menggunakan semua kemampuan akalmu untuk meyakini sifat-sifat Allah dan untuk mempelajari alam ciptaan-Nya.

Semua nikmatnya telah meliputimu, rahmat-Nya telah diberikan kepadamu dan Dia (Allah) tidak menyiksamu dengan dosa-dosa kekhilafan yang anda perbuat.

Apakah Anda telah menghormati Tuhanmu dengan penghormatan yang semestinya sehingga hatimu selalu bergantung pada-Nya dan semua anggota badan Anda gunakan untuk mendekatkan diri pada-Nya?!

Bukanlah mengagungkan Allah Ta’ala dengan menghina dan meyepelekan perintah-Nya, selalu menentang Allah dan bermaksiat terhadap-Nya.

***
Allah Ta’ala telah melarang namun dia selau melakukan larangan tersebut. Hawa nafsunya telah mempengaruhi dirinya sehingga jauh dari mencari ridha Allah.

Baginya taat kepada makhluk lebih utama dan lebih penting dari pada taat kepada Allah Ta’ala.

Dia selalu mengagungkan jika memandang makhluk lain dan selalu menyanjung dengan hati dan anggota badannya.

Dia merasa malu di hadapan manusia, namun tidak malu dihadapan Allah Ta’ala.

Dia berusaha bermuamalah dengan makhluk sebaik mungkin dengan apa yang ia miliki dan ia mampui, Namun jika dia bermuamalah dengan Allah, dia menggunakan apa yang paling jelek dan di waktu sisa-sisa yang ia miliki.

Jika berurusan dengan manusia yang ia cintai ( teman, pacar, atasan, pejabat, dll), maka ia melakukannya dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat dengan mengosongkan hati dan anggota badannya dari perkara yang mengganggu.

Dia juga mengutamakan orang yang dicintainya itu dan mengalahkan semua jenis masalah yang ada pada dirinya.

***************

Jika kita termasuk mereka yang menyia-nyiakan umurnya untuk lebih mencintai selain dari Allah, baik secara sadar ataupun tidak, mari bersama kita meninggalkan perbuatan tersebut karena sejatinya,..

Terdapat pengganti dari setiap sesuatu yang anda sia-siakan, namun tiada pengganti dari ALLAH jika Anda menyia-nyiakan (hak-Nya)

Wallahu’alam,..

^_^

About bolin_maricoa

My nick name is BoLiN.......this name was given by my Father.......and it's has a meaning on it.........a prayer actually.........B=baik; O=orangnya; L=luhur; I=ilmu; N=nya........ amin ya ALLAH ^_^ Hmmmmmmm........... About my personality.........??? Let's find out by your self..... ^_^
This entry was posted in ShaRe abOuT soMe IsLamIc IssuE. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s