Domperidon Vs Obat Mag Vs ASI ???


Bismillahhirrahmanirrahim,….

Sebelum jauh membahas tentang kaitan antara domperidon dengan obat mag serta kaitannya dengan produksi ASI,. Saya akan coba menjelaskan apa itu domperidon,.

Domperidon adalah obat untuk mengobati : Mual, muntah, dyspepsia dan reflux gastroesofagus.

Mekanisme Kerja : Domperidone merupakan antagonis dopamin yang secara periferal bekerja selektif pada reseptor D2.
Domperidone mempunyai khasiat antiemetik yang sama dengan metoclopramide.
Efek antiemetik dapat disebabkan oleh kombinasi efek periferal (gastrokinetik) dengan antagonis terhadap reseptor dopamin di ”chemoreceptor trigger zone”, yang terletak di luar sawar darah otak di area postrema.
Pemberian domperidone per oral dapat menambah lamanya kontraksi antral dan duodenum, meningkatkan pengosongan lambung, dan menambah tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah pada orang sehat
.
Hal penting terkait Obat ini adalah Waktu penggunaan Obat

Jika pada waktu yang bersamaan anda juga mendapatkan obat untuk mengatasi penyakit mag, seperti golongan :

* Antasida, ex : Promag (menetralisir asam lambung)

* AH2-bloker, ex : Ranitidin (bekerja dengan jalan menghambat produksi asam lambung)

* Pompa Proton Inhibitor , ex : Omeprazole (menghambat pompa proton)

* de el el,.

Maka hindari konsumsi Domperidon pada waktu yang bersamaan dengan obat mag. Konsumsi Domperidon dulu baru diikuti dengan obat mag. Jika memungkinkan paling tidak 1 jam pemberian.

Karena : Domperidon memerlukan suasana asam saat bekerja, jika anda mengkonsumsi obat mag, lambung anda tidak dalam keadaan asam, sehingga akan mengurangi efek dari domperidon, hasilnya : Keluhan mual, muntah anda tidak teratasi.

Perhatian : Penggunaan Obat ini harus hati-hati pada pasien gangguan fungsi ginjal, anak-anak dan ibu menyusui.

Sehingga jika anda sedang menyusui dan diresepkan obat ini Anda harus berdiskusi tentang risk and benefitnya ^_^

* ASI….????

Domperidon dapat menstimulasi pelepasan prolactin atau Luteotropic hormone (LTH), hormon terkait dengan produksi ASI.

, efek sampingnya (efek selain efek utama) dari obat ini sering digunakan untuk merangsang produksi ASI pada ibu hamil sebelum melahirkan ataupun saat menyusui.

Namun harus diwaspadai terkait hal ini adalah Domperidon dapat merangsang peningkatan kadar prolaktin plasma yang dalam jangka panjang dapat menyebabkan galaktore dan ginekomastia..

Obat ini juga dapat terdistribusi dalam air susu ibu, sehingga mengkonsumsi obat ini dalam keadaan menyusui adalah tidak direkomendasikan, karena dapat mempengaruhi bayi,.

Namun jika Anda diresepkan obat ini, kembali Anda harus mendiskusikan Risk & Benefit nya dg dokter /Apoteker Anda ^_^

About these ads

About bolin_maricoa

My nick name is BoLiN.......this name was given by my Father.......and it's has a meaning on it.........a prayer actually.........B=baik; O=orangnya; L=luhur; I=ilmu; N=nya........ amin ya ALLAH ^_^ Hmmmmmmm........... About my personality.........??? Let's find out by your self..... ^_^
This entry was posted in Ask Your Pharmacist. Bookmark the permalink.

7 Responses to Domperidon Vs Obat Mag Vs ASI ???

  1. Comment di fb Tgl 8 june 2010
    Dari Roslinda Ika Novriani Manurung :
    jd klo ibu menyusui sebaikx bgmn say???

    Answer :

    Lihat dulu latar belakang penyakit si ibu lin,..

    ^_^

    Metoclopramid jangan diberi pada ibu menyusui yg punya riwayat DEPRESI, karena obat ini dpt mengiduksi depresi, …

    karena efek yg tdk diinginkan tadi harus dibatasi pemakaiannya,..

    tidak boleh lebih dari 14 Hari.

    Hanya dapat diberikan jika terapi non farmakologis gagal utk mengatasi mual-muntah,.

    Terapi non farmakologi diantaranya :

    makan dalam jumlah sedikit tapi sering, hindari makanan berlemak, acupressure; and acustimulation, jahe dianggap aman dan efektif.

    Saran :

    Mungkin waktu menyusui sebaiknya saat kadar obat rendah dalam darah,…… dengan menjarakkan waktu gitu lin,..

    misal :Anak menyusui dulu baru minum obat,..
    atau put the milk di tabung gitu,… sblm konsumsi
    obat,…
    jadi kadar obat dlm ASI kecil,..
    ^_^

    Linda :

    Ok dh..tq y say

    Me :

    You are Very Wellcome bu dokter,..

  2. Comment di fb 9 of June

    Dian Amalia :

    thanks ya lin untuk info nya….kalo antiemetik nya diganti dgn mediamer B6 boleh ga lin??

    Muda Eugenio Zhati :

    Mokasi info’y lin :)
    batambah juo ilmu agak byk ^^

    Me :

    @dian :

    sama2,…. kita sharing ilmu ya buk,..

    ^_^… See More

    kita bahas ttg Mediamer B6® [drag] ni ya,..

    Isi : Pyrathiazine theoclate 40 mg, pyridoxine HCl 37.5 mg.

    indikasi :

    Muntah-muntah selama kehamilan atau berhubungan dengan gangguan pencernaan, muntah yang membandel pada anak-anak, muntah-muntah sesudah operasi, mual, mabuk perjalanan.

    Dosis :
    Adult 1-2 drag daily or 1 drag before travelling. Childn ½ adult dose.

    Sejauh yang Lin cari,..

    mmg banyak yg menyarankan pengunaan obat ini, dan dianggap terapi pilihan utk ibu hamil,..

    ^_^

    Thanks ya buk apoteker utk infonya,….

    @egen :

    You are very welllcome gen,…

    ^_^

  3. evi says:

    kalo cuma karena asi nya sedikit produksinya, ga perlu pake domperidon, kan banyak suplemen asi yang lebih aman, jadi seharusnya para praktisi dan konselor ASI bekerjasama untuk mencari solusi terbaik (selain konsumsi domperidon).

  4. eva says:

    Hai..
    Mau nanya ni. Kenapa relaktasi disarankan minum domperidon? sementara saat minum domperidon, bayi jg harus menghisap payudara ibu. Ya otomatis asi bs terminum si bayi. Kira2 selain domperidon, ada obat yg aman ga utk relaktasi??

    • Terkait saran mengkonsumsi domperidon pada saat proses relaktasi saya tidak dapat menemukan rujukan yang jelas dan teori yang mendukung.

      mengkonsumsi herbal alami seperti daun katuk adalah lebih baik dan aman karena memiliki efek samping yang lebih rendah dibandingkan produk berbahan dasar kimia lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s